NusaTax News

Penerbitan SKP dan STP

Penerbitan SKP dan STP

Beberapa peraturan terkait tata cara penerbitan Surat Ketetapan Pajak (SKP) dan Surat Tagihan Pajak (STP) diantaranya adalah : Peraturan Menteri Keuangan Nomor 183/PMK.04/2015 tentang perubahan PMK 145/PMK.03/2012 tentang tata cara penerbitan surat ketetapan pajak dan...

Penyusutan Dalam Perpajakan

Penyusutan Dalam Perpajakan

Salah satu biaya yang dapat dikurangkan dalam menghitung penghasilan bruto adalah biaya penyusutan, yaitu pengeluaran baik pembelian, pendirian, penambahan, perbaikan, atau perubahan harta berwujud dalam rangka 3 M yang memiliki masa manfaat lebih dari 1 tahun…

Faktur Pajak Digunggung

Faktur Pajak Digunggung

Perbedaan mendasar atas FP Gabungan dengan FP Digunggung adalah pada identitas dan tanda tangan pembeli, dimana FP Digunggung tidak dilengkapi identitas dan tandatangan pembeli sebaliknya dalam FP Gabungan wajib dicantumkan.

Pengembalian Pajak PPh Orang Pribadi

Pengembalian Pajak PPh Orang Pribadi

Percepatan layanan pengembalian kelebihan pembayaran pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang menyampaikan SPT Tahunan PPh dengan status Lebih Bayar hingga RP. 100 Juta akan secara otomatis dikembalikan paling lambat 15 hari kerja sejak diterima lengkap.

Natura dan Kenikmatan (Part II)

Natura dan Kenikmatan (Part II)

Pemberlakuan Natura dan/atau Kenikmatan adalah penghasilan yang dikenakan pajak bagi penerima, dan melalui PMK 66 Tahun 2023 diberikan limitasi tertentu adalah sepenuhnya sesuai dengan batasan tarif PPh Oarang pribadi menjadi lima lapisan dengan tarif 35% ditujukan bagi yg berpenghasilan tinggi….